Menggambar Untuk Anak-Anak - Cara Mendorong Kreativitas, Keterampilan, dan Kepercayaan Diri














Cara Mendorong Menggambar pada Anak Kecil
Dena mengajukan pertanyaan tentang anak-anak menggambar di blog saya tempo hari:

Saya tidak bisa menggambar dengan baik, dan benar-benar tidak ingin [anak saya] mengambil setelah saya. Apakah Anda menyarankan kelas seni sebagai ide yang bagus untuk anak berusia 3 tahun? Ada beberapa di daerah saya yang terlihat menyenangkan.

Jawaban singkat saya?

Tidak. Saya tidak akan mengirim anak Anda yang berusia tiga tahun ke kelas seni untuk belajar cara menggambar.

(Catatan: Ada alasan lain Anda dapat memilih untuk membawa anak kecil Anda ke kelas seni, dan saya akan membahasnya sebentar lagi.)

Saya juga punya jawaban yang lebih panjang yang membahas empat masalah yang saya lihat dalam pertanyaan ini:

apakah akan mengajarkan keterampilan menggambar kepada anak berusia 3 tahun
apakah akan membawa anak Anda yang berusia 3 tahun ke kelas seni
kurangnya keterampilan menggambar dan keyakinan kreatif mungkin untuk orang tua
khawatir tentang mentransfer keterampilan menggambar (mungkin kepercayaan diri) kepada anak itu
Keterampilan Menggambar & Keyakinan Kreatif Pada Anak Kecil
Ada banyak yang masuk ke dalam kemampuan menggambar. Kepercayaan diri adalah salah satunya.

Percaya bahwa Anda dapat menggambar, serta menikmati aksi menggambar, sama pentingnya - tidak, LEBIH penting - daripada keterampilan menggambar teknis.

Saya sangat percaya itu.

Saran pertama dan terpenting saya adalah membantu putri Anda mempertahankan kepercayaan dirinya. Dalam seni khususnya, tetapi juga pada dirinya sendiri secara umum, dan kesenangannya dalam seni.

Bagaimana? Berikut ini beberapa ide:

4 Hal Utama yang Perlu Diketahui Tentang Gambar Anak

# 1. Jangan pernah merendahkan diri Anda atau kemampuan menggambar Anda sendiri
Tunjukkan padanya bahwa Anda memiliki kepercayaan diri dan damai dengan kemampuan Anda (berpura-puralah sampai Anda berhasil, sayang).

Jika Anda duduk dan menggambar di sampingnya (dan saya pikir Anda setidaknya harus sesekali!), Jangan berkata, "Saya tidak bisa menggambar."

Jika Anda tidak merasa dapat menggambar gajah yang realistis, tidak apa-apa! Realisme dilebih-lebihkan! Atau, jika Anda tidak berpikir begitu, berpura-puralah Anda melakukannya sebentar.

Gambarlah gajah yang sepenuhnya abstrak dalam warna-warna cerah. Atau hanya menggambar abstrak, titik. Kotak Doodle, lingkaran, spiral, tanda pagar, huruf, dan apa pun yang Anda pikirkan di halaman.

Nikmati prosesnya. Biarkan pena Anda bergerak. Mungkin mencoba untuk desain atau mandala.

Tapi jangan ucapkan kata-kata, "Saya tidak bisa menggambar" di depan anak Anda. Anak-anak belajar dengan memberi contoh.

# 2. Sadari bagaimana Anda berbicara dengan anak Anda tentang seni yang ia buat
Jangan hanya mengatakan, "itu cantik." Bicaralah tentang tanda yang dia buat di halaman atau warna yang dia gunakan: "Wow! Kamu benar-benar bekerja keras untuk itu! ”

Default saya adalah meminta anak-anak untuk memberi tahu saya tentang karya seni mereka.

Jika anak Anda berusia tiga tahun, ia mungkin belum memberikan makna pada karya seninya (atau mungkin lagi, ia mungkin). Saat dia mendekati usia empat tahun, dia kemungkinan akan menjadi lebih rumit dengan kisah-kisah yang terjadi dengan seninya.

# 3. Jadikan seni menyenangkan dan mengeksplorasi
Jadikan kegiatan seni anak Anda senantiasa berorientasi pada proses pada usia ini.

Cobalah untuk tidak mengharapkan hasil tertentu, tetapi lebih baik, dorong dia untuk mengeksplorasi hal-hal berikut:

- bahan-bahan seni (cat, krayon, krim cukur, dll)
- ide (besar / kecil, tema dari hidupnya, warna yang mirip dan kontras)
- teknik (tahan cat air, lukisan memerciki, marbling krim cukur)

Memperkenalkan bahan dan teknik baru, tetapi juga mundur dan biarkan dia menjelajahi seni sendiri, dengan caranya sendiri.

Coba beri dia kebebasan untuk mengeksplorasi selama proyek yang Anda siapkan untuknya. Dan juga mencoba membuat beberapa bahan seni dapat diakses untuk digunakan kapan pun dia suka. Ini bisa berupa caddy seni dengan spidol, krayon, gunting, dan selotip dekat meja dapur. Itu juga bisa berupa ruang seni khusus miliknya dengan meja atau kuda-kuda dan berbagai perlengkapan seni anak-anak.

# 4 Menjaga kegiatan seni sesuai perkembangan dan usia
Saya tidak berpikir bahwa mengajar anak "cara menggambar" tepat pada usia tiga tahun.

Sebagai gantinya, Anda dapat membimbingnya melalui latihan menggambar pengamatan sesekali dan lebih disukai dengan cara yang mendorong pengamatan sebanyak halnya menggambar. Atau cobalah latihan menggambar dengan gambar dari dapur Anda. Hal yang paling penting pada usia ini adalah untuk mendorong eksplorasi terbuka dari bahan seni, kepercayaan diri, dan kesenangan dalam seni dan pembelajaran.

Biarkan dia melalui tahap perkembangan normal dalam menggambar dan seni dengan kecepatannya sendiri.

Posting ini berisi tautan afiliasi. Ketika dia lebih tua, jika dia menyatakan minat menggambar sesuatu dengan cara tertentu atau belajar teknik menggambar, Anda dapat mempertimbangkan kelas menggambar, buku untuk Anda (Menggambar dengan Anak-Anak), atau buku untuknya. Tetapi saya tidak akan melakukannya sekarang.

Lebih Banyak Rekomendasi Anak Menggambar

Ngomong-ngomong, seiring dengan menjaga proses seni tetap berorientasi dan sesuai usia, saya sarankan agar Anda menghindari buku mewarnai dan menelusuri / mewarnai kegiatan sebanyak mungkin.

Penekanan mereka pada gambar yang diambil orang dewasa dan pewarnaan di dalam garis tidak membantu kreativitas anak yang berkembang.

Anda tidak perlu menjadi militan tentang hal itu (kami telah menggunakannya dari waktu ke waktu ketika Maia menerimanya sebagai hadiah, tetapi saya tidak membelinya sendiri), tetapi jangan menjadikan buku mewarnai sebagai bagian rutin dari hidup Anda . Saya sudah menulis lebih banyak tentang buku mewarnai (dan menerima beberapa komentar dengan kata-kata yang kuat untuk itu!) Jika Anda tertarik.

Alasan Untuk Mencoba Kelas Seni Lainnya

Bagaimana dengan pelajaran seni dan kelas seni untuk anak kecil?

Saya mengatakan bahwa saya tidak berpikir Anda harus mengirim anak Anda yang berusia 3 tahun ke kelas seni untuk belajar "cara menggambar." Namun, kelas seni untuk anak-anak mungkin ide yang bagus karena alasan lain.

- Mungkin memberi Anda ide dan instruksi untuk kegiatan seni lebih banyak untuk dilakukan dengan putri Anda di rumah.
- Ini bisa membuat anak Anda terkena lebih banyak bahan dan aktivitas daripada yang dia miliki di rumah.
- Anda dan anak Anda mungkin menikmati aspek sosial dari kelas seni.
- Kelas seni mungkin memberikan pengalaman seni yang berantakan yang mungkin Anda merasa tidak nyaman di rumah.

Jika Anda ingin mencoba kelas seni dengan anak kecil Anda, saya sarankan yang berfokus pada seni yang berorientasi usia dan proses. Lihat program Seni di Tangan Julie Liddle untuk contoh program seni yang ideal untuk balita dan anak-anak prasekolah.

Alasan Untuk Mencoba Kelas Seni Untuk Orang Dewasa

Apakah Anda ingin meningkatkan keterampilan menggambar Anda sendiri?

Jika Anda ingin belajar cara menggambar yang lebih baik atau lebih percaya diri, pertimbangkan untuk mengambil kelas menggambar sendiri (yah, satu untuk orang dewasa). Ada kelas yang berorientasi pada semua tingkat kemampuan menggambar.

Akhirnya, saya telah mendengar hal-hal baik tentang buku itu, Menggambar di Sisi Kanan Otak oleh Betty Edwards. Ada beberapa contoh dramatis sebelum dan sesudah gambar yang dilakukan oleh orang dewasa yang mengikuti latihan di buku atau mengikuti kelas.

Sebagai kesimpulan, saran saya untuk menggambar anak-anak adalah: fokus pada seni berorientasi proses, membangun kepercayaan diri, tetap bersenang-senang seni, dan jangan pernah berkata, "Saya tidak bisa menggambar." Jika Anda memilih kelas seni untuk anak Anda , lakukan untuk alasan yang benar. Dan pastikan kelas sesuai dengan usianya dan tahap perkembangannya.

Dena - Apakah ini menjawab pertanyaan Anda? Apakah itu mengungkit orang lain untuk Anda?

Orang lain - Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda setuju dengan saran saya atau akankah Anda menyarankan sesuatu yang lain untuk Dena (atau orang lain dalam situasinya)? Apa yang Anda pikirkan tentang mengajarkan keterampilan menggambar berusia 3 tahun?


Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Teknologi Telah Mengubah Pendidikan?

8 Hal Yang Dapat Dilakukan Guru untuk Membantu Siswa Berhasil

Dorong Pembelajaran Berbasis Teknologi, Kemendikbud Gelar ISODEL 2018